Malang, AMNN.co.id – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Ossy Dermawan, melakukan kunjungan kerja untuk meninjau program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) di Kantor Pertanahan Kota Malang, Minggu (19/1/2025).
Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Dalam sambutannya, Ossy Dermawan menegaskan pentingnya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, meskipun permasalahan pertanahan sering kali kompleks.
“Memang tidak mudah menyelesaikan masalah pertanahan, terutama karena yang kita urus bukanlah tanah kita sendiri, melainkan tanah masyarakat. Namun, kewajiban kita adalah membantu mereka dan memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tugas dan kewenangan yang kita miliki,” ujar Ossy.
Ia juga menyoroti meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan yang lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu, ia menginstruksikan jajaran Kantor Pertanahan Kota Malang untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, dengan tetap memperhatikan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.
“Pelayanan harus lebih cepat, tetapi juga tetap teliti. Kecepatan tanpa kehati-hatian hanya akan menimbulkan masalah baru di masa mendatang,” tegas Ossy.
Dalam peninjauan tersebut, Wamen Ossy, didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Malang, Kresna Fitriansyah, berkeliling untuk melihat langsung kondisi pelayanan di kantor tersebut. Selain itu, ia juga menyempatkan diri menyapa para pegawai dan memberikan motivasi.
“Selamat bekerja, semoga lebih semangat lagi. Di tahun 2025 ini, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan kita,” pesan Ossy kepada para pegawai.
Turut mendampingi dalam kunjungan ini, Staf Khusus Bidang Reforma Agraria, Reska Oktoberia, serta Tenaga Ahli Bidang Administrasi Negara dan Good Governance, Ajie Arifuddin. Sejumlah kepala kantor pertanahan dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur juga hadir untuk mendukung pelaksanaan program PELATARAN.
Program PELATARAN sendiri merupakan salah satu inovasi layanan dari Kementerian ATR/BPN yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen pertanahan di akhir pekan. Dengan program ini, diharapkan pelayanan menjadi lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (PUTRI)